Selasa, 13 November 2012

NEGARA-NEGARA di ASEAN



 Association of Southeast Asian Nations
ASEAN

 

"One Vision, One Identity, One Community"
"10 countries, 1 identity"

Lagu


Sekretariat                   : Jakarta, Indonesia
Kota Terbesar             : Jakarta, Indonesia
Bahasa                         : Inggris
Negara anggota           :
1.       Filipina (negara pendiri)
2.       Indonesia (negara pendiri)
3.       Malaysia (negara pendiri)
4.       Singapura (negara pendiri)
5.       Thailand (negara pendiri)
6.       Brunei Darussalam (7 Januari 1984)
7.       Vietnam (28 Juli 1995)
8.       Laos (23 Juli 1997)
9.       Myanmar (23 Juli 1997)
10.    Kamboja (16 Desember 1998)
Pemerintahan              : organisasi regional
Ketua KTT                  : Indonesia
Sekertaris Jendral        : Dr. Surin Pitsuwan (Thailand)


Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasigeo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan diBangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina,Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November.


Prinsip Utama ASEAN
Prinsip-prinsip utama ASEAN adalah sebagai berikut:
§  Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara
§  Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar
§  Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota
§  Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai
§  Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan
§  Kerjasama efektif antara anggota


Sejarah
ASEAN didirikan oleh lima negara pemrakarsa, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapuradan Thailand di Bangkok melalui Deklarasi Bangkok. Menteri luar negeri penanda tangan Deklarasi Bangkok kala itu ialah Adam Malik (Indonesia), Narciso Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand).
Isi Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut:
§  Mempercepat pertumubuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
§  Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
§  Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik,ilmu pengetahuan, dan administrasi
§  Memelihara kerjasama yang erat di tengah - tengah organisasi regional dan internasional yang ada
§  Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara
Brunei Darussalam menjadi anggota pertama ASEAN di luar lima negara pemrakarsa. Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984 (tepat seminggu setelah memperingati hari kemerdekannya). Sebelas tahun kemudian, ASEAN kembali menerima anggota baru, yaitu Vietnam yang menjadi anggota yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995. Dua tahun kemudian, Laos danMyanmar menyusul masuk menjadi anggota ASEAN, yaitu pada tanggal 23 Juli 1997. WalaupunKamboja berencana untuk bergabung menjadi anggota ASEAN bersama dengan Myanmar dan Laos, rencana tersebut terpaksa ditunda karena adanya masalah politik dalam negeri Kamboja. Meskipun begitu, dua tahun kemudian Kamboja akhirnya bergabung menjadi anggota ASEAN yaitu pada tanggal 16 Desember 1998.


Timor Leste
Negara baru Timor Leste, yang merupakan koloni Portugis kemudian dianeksasi Indonesia, kini mendapatkan status pemerhati (observer) dalam ASEAN, setelah menuai protes dari berbagai negara ASEAN yang tidak mendukung masuknya Timor-Leste ke ASEAN, atas dasar rasa hormat kepada Indonesia. Awalnya, Myanmar menentang pemberian status observer kepada Timor-Leste karena dukungan Timor-Leste terhadap pejuang pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi.
Sejak restorasi kemerdekaan Timor-Leste pada Mei 2002, ASEAN telah banyak membantu Timor-Leste. Timor-Leste telah diundang untuk hadir dalam beberapa pertemuan ASEAN. Meskipun begitu, Timor-Leste masih tetap berstatus observer. Mantan Menlu Timor Leste yang sekarang menjadi Presiden, Ramos Horta, pernah menyatakan tidak berminat menjadi anggota ASEAN, karena Timor-Leste dinilai bukan negara Asia (Tenggara), melainkan negara Pasifik atau Australia. Berbeda dengan rekannya Xanana Gusmao yang menyatakan bahwa akan lebih menguntungkan bagi Timor Leste apabila berafiliasi dengan ASEAN dibandingkan dengan apabila bergabung dengan Pacific Islands Forum.
Perkembangan terakhir mengindikasikan bahwa Timor-Leste sangat berminat untuk menjadi anggota ASEAN. Bahkan Pemerintah Timor-Leste melalui Kementerian Luar Negerinya telah menargetkan bahwa Timor-Leste akan menjadi anggota ASEAN pada tahun 2012, hal ini sangat di dukung oleh pemerintah Indonesia juga negara-negara anggota ASEAN lainnya seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura dan lain-lain. Selain telah dibukanya Sekretariat Nasional ASEAN di Dili oleh Pemerintah Timor-Leste pada awal bulan Februari 2009 untuk mempersiapkan tahapan-tahapan menjadi keanggotaan ASEAN, juga Menlu Timor-Leste Zacarias da Costa telah mengajukan aplikasi keanggotaan ASEAN secara resmi kepada Menlu RI Marty Natalegawa di Jakarta pada tanggal 4 Maret 2011.
Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 ASEAN di Jakarta Convention Center, Jakarta, Indonesia, Minggu, 8 Mei 2011, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengemukakan bahwa para kepala pemerintahan/kepala negara ASEAN telah menugaskan para Menteri Luar Negerinya, dalam kapasitas sebagai Dewan Koordinasi ASEAN, untuk mempertimbangkan keinginan Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN dan kemudian memberikan rekomendasi kepada para pemimpin untuk diputuskan pada akhir tahun 2011[5].

Status ekonomi

Tabel PDB berdasarkan PPP , dikeluarkan oleh IMF pada September 2004.

Negara
PDB (PPP)
juta
dolar inter.
PDB (PPP)
per kapita
dolar inter.
820.543
3.661 (6)
514.236
7.851 (4)
391.849
4.652 (5)
271.167
10.449 (3)
222.345
2.685 (7)
111.507
25.384 (1)
81.283
1.466 (10)
25.648
1.775 (9)
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/56/Flag_of_Laos.svg/22px-Flag_of_Laos.svg.png Laos
11.832
1.972 (8)
5.658
15.171 (2)













Daftar Statistik ASEAN

NegaraDescription: ↓
Kepala NegaraDescription: ↓
Kepala PemerintahanDescription: ↓
BahasaDescription: ↓
Mayoritas AgamaDescription: ↓
Mata UangDescription: ↓
JajahanDescription: ↓
Bahasa Melayu
Islam
Dolar Brunei
Malaysia
Bahasa Filipino
Katolik
Peso Filipina
Spanyol
Bahasa Indonesia
Islam
Rupiah
Belanda
Bahasa Khmer
Budha
Riel
Perancis
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/56/Flag_of_Laos.svg/22px-Flag_of_Laos.svg.png Laos
Bahasa Lao
Budha
Kip
Perancis
Bahasa Melayu
Islam
Ringgit
Inggris
Bahasa Burma
Budha
Kyat
Inggris
Bahasa Inggris
Budha
Dolar Singapura
Malaysia
Bahasa Thai
Budha
Bhat
Tidak pernah dijajah
Bahasa Vietnam
Budha
Dong
Perancis


0 komentar: