Kamis, 31 Januari 2013

Penyakit Alergi Dingin dan Cara Pencegahannya

 
Pada saat liburan sekolah atau kuliah, beberapa keluarga pasti menyempatkan waktu untuk berlibur bersama. Seperti berkunjung ke rumah keluarga besarnya, pusat perbelanjaan, tempat tempat hiburan, ke tempat rekreasi keluarga. Beberapa keluarga memilih untuk berlibur di daerah atau tempat rekreasi keluarga yang memiliki tempat penginapan, agar mereka bisa merasakan moment kebersamaan yang lebih akrab. Selain itu, mereka juga lebih memilih untuk berlibur dan menginap di daerah yang memiliki udara yang sejuk dan dingin, bersih, dan jauh dari perkotaan, seperti di daerah pedesaan, pegunungan, atau puncak. Beberapa keluarga lebih memilih untuk di daerah yang udaranya sejuk dan dingin karena mereka sehari hari sudah sering tinggal di kota yang ramai, udaranya sudah mulai kotor, panas, dan pengap.


            Penyakit Alergi Dingin dan Cara Pencegahannya


Di daerah pegunungan memiliki udara yang sejuk, bersih, dan dingin. Suhu di daerah pegunungan bisa kurang lebih minimalnya 10 0C dan maksimalnya sekitar 22 0C. Untuk di daerah Indonesia suhu 10-22 0C sudah sangat dingin dan tubuh seseorang sudah mulai bereaksi, seperti menggigil dan merinding. Apakah kalian pernah merasakan sendiri atau menemukan dan melihat salah satu anggota keluarga anda tiba tiba bersin-bersin di suhu yang dingin? atau mengalami kesakitan pada hidung dan tiba tiba pilek padahal sebelumnya ia sehat. Ada juga yang seseorang tiba tiba pada kulitnya muncul bintik bintik merah gatal seperti biduran pada saat berada di daerah yang bersuhu dingin?
Ternyata, fenomena tadi merupakan gejala atau efek yang ditimbulkan oleh sutu penyakit yang disebabkan oleh udara dingin. Penyakit tersebut adalah alergi dingin. Mungkin awalnya kita tidak sadar dengan gejala yang ditimbulkannya. Kita pikir itu hanya gatal gatal biasa dan pilek seperti pada umumnya. Berikut ini kami akan menjelaskan lebih dalam tentang apa itu alergi dingin. Di makalah ini kami akan menjelaskan tentang alergi dingin yang terjadi di kulit dan sistem pernafasan (hidung). Tujuan dari makalah ini agar  kita lebih paham dan jelas tentang alergi dingin.

ISI
Alergi Udara Dingin pada Kulit dan Sistem Pernafasan
Apakah kalian pernah mengalami alergi? Apakah kalian tahu, apa itu alergi? Jadi, Alergi merupakan bentuk dari kegagalan kekebalan tubuh seseorang, yaitu secara umum tubuh seseorang bereaksi secara imunologi terhadap bahan yang umumnya non imunogenik. Hanya saja, reaksi yang dimunculkan tersebut berlebihan, sehingga lingkungan sekitar atau bahan bahan dan zat yang terkandung di dalamnya, yang sebenarnya tidak berbahaya dianggap menjadi sesuatu yang asing dan berbahaya oleh tubuh.

Alergi memiliki banyak jenis yaitu ada alergi terhadap makanan, alergi debu, alergi obat-obatan, alergi bulu serangga dan hewan, alergi bakteri atau virus, dan alergi terhadap suhu panas atau dingin.


Dan salah satu  alergi yang akan kami bahas adalah penjelasan tentang alergi dingin.  Alergi dingin merupakan jenis alergi yang disebabkan oleh suhu dingin yang dirasakan oleh seseorang. Alergi dingin terjadi di dalam tubuh seseorang karena di dalam tubuh kita yang mendapat dan mengalami reaksi dari adanya perubahan suhu yang ekstrim, awalnya kita terbiasa berada di daerah yang bersuhu panas, lalu kita berpindah ke daerah yang memiliki suhu dingin. Dari perubahan suhu panas munuju ke dingin tersebut, jika kekebalan tubuh seseorang kurang bagus, maka alergi dapat timbul di dalam tubuh seseorang tersebut. Alergi dingin sebenarnya adalah reaksi imunitas tubuh, jadi alergi dingin bukanlah tergolong penyakit. Alergi dingin juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Alergi dingin tidak seperti alergi yang ditimbulkan pada makanan atau hewan dapat dihindari, karena seseorang juga tidak tahu kapan cuaca dan suhu tiba tiba berubah dingin ataupun panas.
Alergi dingin memiliki gejala dan menimbulkan beberapa efek pada tubuh, yaitu sistem pernafasan dan kulit. Pada sistem pernafasan yaitu hidung. Gejala awalnya, udara dingin menyerang daya tahan tubuh, yang menstimulasi produksi lendir di saluran pernapasan. Selaput lendir pada hidung akan bereaksi dengan memproduksi lendir untuk menghambat masuknya udara dingin ke dalam tubuh. Namun, pada sebagian orang, reaksi ini bisa terjadi berlebihan sehingga lendir yang diproduksi sangat banyak dan mengakibatkan pembengkakan selaput lendir sehingga menutup jalan pernafasan. Selanjutnya, udara dingin bisa menyerang jaringan di bagian hidung. Saluran di jaringan hidung pun melebar. Akibatnya, jaringan dalam hidung pun membengkak, yang membuat hidung tersumbat. Hawa yang sangat dingin juga dapat memicu reaksi asma.
Reaksi lain yang timbul pada orang dengan alergi dingin yaitu muncul gatal gatal, bintik-bintik merah pada kulit, kulit menebal, eksim, dan lain-lain. Dan timbul gatal gatal yang dinamakan urtikaria atau  biasanya masyarakat Jawa sering mneyebutkan biduran. Biduran terjadi karena reaksi tubuh yang memproduksi zat histamin saat tubuh berada dalam kondisi cuaca ekstrim seperti udara yang sangat dingin. Nah, pada sebagian orang reaksi tubuh terhadap zat histamin yang terbentuk bisa menyebabkan biduran atau bentol-bentol kemerahan seperti bekas gigitan nyamuk di sekujur tubuh. Gatal juga dapat terjadi akibat rangsangan udara dingin. Bentol yang timbul bisa muncul hanya di tempat yang terpapar dingin saja tapi juga bisa di seluruh badan. Histamin juga dapat mempengaruhi pipa saluran napas untuk menyempit yang menimbulkan sesak napas atau menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga timbul syok. Bagi Anda yang mengalami alergi dingin seperti di musim hujan ini, upaya yang dapat dillakukan untuk mengatasinya, adalah:
-Untuk mengurangi rasa gatal pada kulit , oleskan bedak dingin/ lotion yang mengandung calamine dan anti histamin .
-Obat untuk mengatasi keadaan ini adalah obat golongan antihistamin. Pada keadaan akut, selain antihistamin, kadangkala  juga diperlukan obat golongan steroid. Cara menghindari timbulnya gejala akibat alergi dingin adalah dengan menghindari kontak dengan udara atau air dingin.
- Agar tidak mudah kambuh, kenakan pakaian tebal,  yang mampu menangkal cuaca dingin. Sebaiknya, mandi dengan air hangat, terutama saat musim penghujan.
-Istirahat yang cukup, agar daya tahan tubuh tidak mudah drop.
-Bila gejala menetap disertai sesak nafas segera hubungi dokter .

KESIMPULAN
Alergi dingin sebenarnya penyakit yang ringan, dan sebenarnya bukan termasuk penyakit. Namun jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian membawa ketidak nyamanan bagi penderita karena pendrrita tidak dapat bebas dalam melakukan aktifitas di daerah yang memiliki suhu yang dingin.

TIPS dan SARAN
1.      Menggunakan pakaian tebal ketika sedang berada pada tempat dingin. Dapat menambahkan syal pada leher agar tejaga kehangatannya.
2.      Selain menjaga kehangatan , jangan lupa mengoleskan bedak/ lotion yang mengandung calamine dan anti histamine yang disarankan oleh dokter.
3.      Mandi dan minum air hangat , diusahakan jangan menyentuh air dingin.
Menjaga pola hidup supaya tetap sehat untuk menjaga kekebalan tubuh.

3 komentar:

Terima kasuh Infonya. Bisa Tambah ilmu tetang pencegahan alergy dingin Mampir ya Ke http://pondokibu.com/

Infonya sangat bermanfaat bagi yang akan beradaptasi dilingkungan dingin bisa dicoba tips yang disampaikan diatas.