Sabtu, 03 November 2012

BAGAIMANAKAH CARA MENJAGA PERSAHABTAN yang KITA MILIKI??



Menjaga Persahabatan

Berteman cukup lama belum tentu menjadi seorang sahabat. Biasanya persahabatan terjadi dikarenakan persamaan prinsip atau sikap saling memiliki, menghormati satu sama lain. Terkadang sahabat disebut juga dengan istilah teman baik. Sebab sahabat selalu berupaya menjadi teman pada saat suka dan sedih.


 Berikut adalaht tips yang mungkin bisa membantu anda:


1.      Jadilah pendengar yang baik buat teman-temanmu.
Jangan pernah sekalipun kamu bersikap menggurui. Memberi nasihat boleh-boleh aja, tapi jangan melakukannya dengan cepat. Pelahan-lahan namun pastikan temanmu itu mendengarkannya.

2.      Setiap orang memiliki pribadi yang unik dan khas.
Cobalah mengerti bagaimana karakter temanmu. Hormatilah pendapatnya. Walau kadang kalian bisa saling berbeda pendapat dan keyakinan, namun pasti ada jalan tengah yang bisa ditempuh asal jangan tergesa-gesa memutuskannya.

3.      Berilah dukungan dan pujilah temanmu, kesampingkan kesalahannya dan kelemahannya.

4.      Jangan pernah merasa iri kepada temanmu.
Kebahagiaannya adalah bahagia milikmu juga. Ikut berbahagialan atas keberhasilan temanmu.

5.      Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan refresing bersama.
Kembangkan sikap toleransi, fleksibelitas, asertive, empati dan belajar saling memahami.

6.      Jangan pernah ragu untuk minta maaf pada temanmu saat kamu melakukan sebuah kesalahan padanya.
Setelah itu berusahalah perbaiki kesalahanmu. Begitu pula sebaliknya, berikan maaf dan lupakan kesalahannya jika ia bersalah.

7.       KEPERCAYAAN.
Kepercayaan adalah hal yang paling mahal di banding apapun. Karena persahabatan muncul dari adanya kepercayaan. Dan apabila seseorang telah mempercayai kita, maka ia telah menyerahkan semuany kepada kita. Tugas kita hanyalah menjaga kepercayaan tersebut sampai kapanpun. Dan jangan pernh mencoba untuk mengkhianati kepercayaan seseorang. Karena kebaikkan yang kita tunjukin 1000 kali bakal kehapus sama 1 kebohongan yang kita tutupin.

8.       SALING MELENGKAPI.
Manusia tidak ada yang sempurna, oleh karena itu tidak ada salahnya kita menutupi kekurangan sahabat kita dengan kelebihan kita. Jangan pernah memojokkan sahabat kita dengan kekurangannya. Karena sahabat itu harus saling melengkapi satu sama lain. Kalau di antara kita saling membuka aib satu sama lain. Lalu apa jadinya persahabatan itu ? mungkin akan terbuang sia sia.


9.       SALING TERBUKA.
Sahabat itu kan bermula dari kepercayaan. Oleh karena itu kita harus saling terbuka satu sama lainnya. Kalau selalu di tutupi terus lama kelamaan pun akan terjadi salah paham. Contohnya apabila kita merasa tidak suka terhadap hal yang dilakukan dia atau kita tidak suka sifatnya. Maka cobalah untuk berterus terang tapi secara baik baik. Saling terbuka adalah kunci untuk memperlanggeng sebuah persahabatan.

10.   SALING MENGERTI.
Percuma dong, kalau dia dianggap sahabat oleh kita, tapi dia tidak bisa mengerti kita. Dalam hubungan itu harus ada timbal balik satu sama lainnya. Jangan selalu maunya dimengerti orang lain tapi untuk mengerti orang lain pun kita sulit. Kita harus bisa memahami posisi dia (sahabat kita) dalam apapun. Dan usahakan apabila dia sedang menjadi api, maka kamu pun harus menjadi air dan begitu juga sebaliknya. Maksudnya adalah, ketika dia sedang emosi, maka kita harus mengademkan hatinya agar tidak menjadi api lagi. Dan dengan begitu pun, masalah masalah yang berat sekalipun akan lebih mudah di atasi. Karena tidak saling menunjukan ego nya masing masing.

Ada ungkapan, “seribu teman masih terlalu sedikit, tapi satu musuh membuat dunia terasa sempit”. Jadi buat sahabat muda, jalinlah sebanyak mungkin persahabatan karena suatu saat nanti kalian pasti butuh dukungan dan bantuan dari mereka secara disengaja maupun tidak. Jalinlah tali perahabatan yang kuat diantara kalian, agar hidup kalian lebih indah, penuh warna, dan penuh kenangan manis. Semoga dapat bermanfaat

0 komentar: